Atap bangunan sekarang ini masih banyak menggunakan kuda-kuda, akan tetapi yang berbeda adalah lebih banyak variasi bahan yang digunakan. Tidak hanya kayu saja, tetapi bahan pembuatan untuk rangka atap juga bisa menggunakan baja ringan. Termasuk bagi yang ingin memasang spandek baja ringan, rangka yang bisa digunakan adalah menggunakan baja ringan yang bisa dipilih dengan bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dipunyai.

Struktur atap sendiri perlu diperhatikan dengan fungsinya masing-masing. Contohnya untuk bagian dari struktur atap yang perlu diketahui adalah berikut ini:

  • Pertama adalah kuda-kuda yang mempunyai fungsi untuk dapat menopang dan bisa menahan beban atap yang dipasang. Sehingga kuda-kuda perlu dipilih dengan tepat.
  • Usuk merupakan bagian yang mempunyai balok yang melintang di atas gording dengan bentuk yang panjang. Usuk mempunyai manfaat untuk dapat menerima beban dari reng dan bisa meneruskannya ke gording.
  • Reng merupakan bahan yang diatas usuk yang dipasang melintang dan tegak lurus dengan usuk. Fungsi reng adalah untuk mengaitkan dan menjadi penutup atap.
  • Gording merupakan bagian yang vital pada atap yang berfungsi menahan beban atap seperti kuda-kuda.

Saat menentukan jarak usuk, reng, dan juga gording baja ringan atap spandek tentunya bisa diperhatikan, sehingga bisa memberikan kekuatan yang dibutuhkan. Jarak tersebut bisa menggunakan pertimbangan yang beragam untuk diperhatikan agar bisa menahan beban berat dari atap yang dipasang. Jarak yang perlu dihitung dan penting untuk diperhatikan salah satunya adalah dari jarak gording. Di mana untuk gording mempunyai fungsi yang penting pada atap dan bisa untuk menahan beban mati, beban hidup, dan juga beban angin. Adapun untuk mengenal letak dan fungsi dari gording adalah berikut ini:

  • Gording mempunyai letak di atas kuda-kuda.
  • Gording mempunyai letak yang  tegak lurus dengan arah kuda-kuda yang dipasang.
  • Gording merupakan tempat ikatan usuk dan posisinya disesuaikan dengan panjang usuk yang digunakan.

Gording sendiri dapat dibuat dari dua bahan yang dipilih yaitu dengan menggunakan gording kayu dan juga bahan baja ringan. Bagi yang ingin mempunyai tampilan rumah yang modern, bisa memilih spandek baja ringan yang pembuatannya juga bisa menggunakan struktur atap termasuk gording dengan baja ringan. Bahan gording baja ringan mempunyai banyak keunggulan yang didapatkan yaitu sebagai berikut ini:

  • Gording baja ringan bisa dibuat untuk struktur atap yang cocok bagi atap spandek, galvalum, dan juga dari bahan baja ringan lainnya.
  • Gording baja ringan mempunyai keunggulan karena mempunyai sifat yang terbaik yaitu bobotnya ringan, kokoh, dan juga mempunyai dimensi yang seram sehingga membuat pemasangannya akan lebih mudah.
  • Gording baja ringan bisa memberikan keuntungan karena mempunyai fleksibilitas yang membuat materialnya menjadi lebih mudah ditekuk maupun digulung. Hal tersebut membuat bahan ini bisa disesuaikan dengan bentuk yang diinginkan.
  • Gording baja ringan mempunyai keunggulan dengan perubahan karena suhunya masih dalam tahap yang wajar.

Menentukan mengenai jarak antar gording mempunyai beberapa pertimbangan yang bisa digunakan. Pertimbangan jarak tersebut juga akan mempengaruhi pemasangan bagian lainnya seperti reng dan juga usuk. Sama seperti pertimbangan lainnya, penting sekali untuk menggunakan perhitungan jarak yang tepat sehingga bisa membuat pemasangan gording akan bisa menahan beban atap yang dipasangkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa mencari jarak gording dari spandek baja ringan yang akan dipasang adalah:

Ketebalan yang Dipunyai Gording Spandek Baja Ringan 

Pertimbangan pertama saat memilih gording untuk spandek baja ringan adalah dari ketebalan yang dipunyai. Purlin mempunyai pilihan ketebalan yang berbeda sesuai dengan jenis yang dipilih. Untuk ketebalan purlin kayu mempunyai lebar 10 cm, tingginya 12 cm, dengan panjangnya 4 cm. Ukuran tersebut yang membedakannya dengan gording untuk struktur baja ringan yang mempunyai tebalnya 2,5 cm, tinggi 12 cm, dan juga dengan panjangnya 12 cm. Bagi yang akan menggunakan jenis gording dari baja ringan bisa memilih ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Jenis Material Gording Atap Spandek Baja Ringan

Hal selanjutnya untuk menjadi pertimbangan spandek baja ringan apabila ingin menentukan jarak gordingnya adalah dari jenis yang digunakan. Jenis gording sendiri mempunyai dua yaitu single dan juga double, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga material yang digunakan untuk membuat gording. Beragam material yang bisa dipilih untuk membuat gording pada struktur baja ringan adalah berikut ini:

  • Gording single merupakan pilihan yang mempunyai material dari baja profil. Jenis yang bisa digunakan untuk gording single ini ada beberapa yang pertama adalah menggunakan gording kanal C. Jenis ini bisa digunakan untuk membuat rangka atap datar, joglo, pelana, trapesium, dan juga masih banyak lainnya. Selain itu juga ada jenis gording besi pipa yang digunakan untuk jenis bangunan yang mempunyai bentuk atap melengkung. Gording pipa besi mempunyai panjang dan kebutuhan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran yang dipunyai atap bangunan. Jenis terakhir adalah gording besi stall kotak yang mempunyai material dari besi stall kotak. Jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan kanopi dan memberikan keuntungan dengan pemasangan yang mudah.
  • Pilihan selanjutnya adalah gording double yang merupakan pilihan yang kuat dan kokoh, sehingga bisa menjadi pilihan yang terbaik. Jenis yang dipilih ada dua yang pertama adalah besi profil CNP atau kanal c yang mempunyai keunggulan dengan bisa mengurangi beban konstruksi karena materialnya yang ringan. Pilih yang kedua adalah baja profil UNP atau Kanal U yang mempunyai keuntungan dengan kekuatan yang baik akan tetapi mempunyai beban yang berat.

Rekomendasi Jarak Gording Spandek Baja Ringan

Perhitungan jarak antar gording ketika menggunakan struktur atap menggunakan spandek baja ringan juga bisa disesuaikan dengan jarak yang direkomendasikan. Jarak yang aman dan memberikan kekuatan yang terbaik adalah sekitar 150 cm untuk jarak antar gording yang bisa digunakan. Akan tetapi jarak tersebut juga bisa dibedakan dengan variasi ukuran yang dipunyai, kebutuhan luas rumah yang dipunyai, dan juga masih banyak lainnya. Gording yang merupakan bagian penting struktur atap di bangunan perlu dihitung jaraknya dengan tepat sehingga bisa kuat dan memberikan jarak yang aman.

Bagi Anda yang membutuhkan bahan purlin spandek baja ringan bisa mendapatkannya di IDEALTATA. Kami menyediakan purlin yang memberikan pilihan bahan yang efisien, ringan, dan juga ekonomis dengan adanya pilihan Z purlin dan C purlin dengan kekuatan yang baik. Banyaknya purlin yang bisa dibeli di IDEALTATA bisa melakukan analisis struktur terlebih dahulu yang juga akan menghitung mengenai kemiringan atap yang dipasang untuk mendapatkan jumlah purlin yang tepat.

Text Us!
Text Us!
Idealtata Customer Service
Hallo Idealtata,
Saya Ingin Mendapat Info Lebih Lengkap!