Saat membeli bahan bangunan penting sekali untuk memperhatikan mengenai jumlah yang akan dibutuhkan. Perhitungan merupakan yang terpenting sehingga bisa mendapatkan jumlah yang tepat. Apabila membeli bahan bangunan dengan jumlah yang tepat sesuai kebutuhan tersebut, akan bisa membuat tidak menyisakan dan membuat sampah material karena sisa. Begitu juga dari perhitungan biayanya juga akan lebih murah untuk membeli bahan material sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pembelian material bangunan yang sesuai dengan kebutuhan juga bisa menjadi pertimbangan ketika akan membeli spandek atap. Spandek sendiri merupakan atap yang terbuat dari campuran bahan aluminium dan juga seng dengan persentase 43% seng dan 55% dari bahan aluminium. Bahan atap spandek mempunyai ketebalan 0,3 mm hingga 0,5 mm sehingga tidak terlalu tebal dan cukup ringan. Walaupun begitu, untuk kekuatan atap spandek ini tidak perlu diragukan karena mempunyai ketahanan yang tahan lama dan anti karat. Selain itu juga mempunyai daya tahan terhadap api dan daya serap yang terbaik sehingga cenderung lebih aman ketika terbakar.

Dengan banyaknya keunggulan yang dipunyai atap spandek, membuat bahan ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk penutup bangunan. Di mana saat memilih bahan atap spandek, maka perlu untuk membelinya dengan jumlah yang tepat. Menghitung kebutuhan atap spandek perlu dilakukan agar bisa mengurangi limbah dari pengerjaan yang masih tersisa, sekaligus bisa membuat pengeluaran menjadi lebih hemat. Agar bisa mendapatkan jumlah yang tepat, sebaiknya hitung terlebih dahulu kebutuhan atap spandek yang diperlukan dengan menggunakan tiga pertimbangan berikut ini:

Menghitung Volume Pekerjaan Spandek Atap

Langkah pertama yang bisa digunakan untuk menghitung berapa banyak kebutuhan spandek atap yang diperlukan adalah dengan menghitung volume pekerjaan atap yang akan dilakukan. Hal tersebut juga perlu untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai ukuran standar dari atap spandek yang tersedia di pasaran, sehingga bisa menjadi bantuan untuk memilih jumlah yang dibutuhkan. Ukuran standar dari atap spandek sendiri adalah sebagai berikut ini:

  • Ukuran panjang dari atap spandek sendiri yaitu kisarannya dari 2 meter hingga 6 meter. Dari ukuran tersebut perlu diketahui mengenai kebutuhan yang dipunyai, sehingga bisa mendapatkan ukuran yang tepat.
  • Lebar dari atap spandek ukuran standarnya adalah 0,35 meter hingga 0,5 meter yang juga bisa menjadi pertimbangan pemilihan ketika membelinya.
  • Sedangkan untuk ketebalan atap spandek standar yang tersedia adalah 0,3 mm hingga 0,5 mm yang tidak terlalu tebal, akan tetapi tetap memberikan kekuatan dan daya tahan yang baik bisa didapatkan.

Setelah mengetahui mengenai ukuran standar tersebut, hal yang perlu dilakukan untuk pembelian yang tepat adalah dapat dengan menghitung total volume dari tempat yang akan dipasang atap spandek. Jenis atap spandek sendiri bisa digunakan sebagai atap hingga dinding yang kuat, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pembelian yang akan dilakukan perlu memperhatikan mengenai luas bidang yang akan dipasangi, sehingga bisa membeli jumlah atap spandek yang tepat disesuaikan dengan ukuran standar yang ada di pasaran. 

Contohnya saja bagi yang akan melakukan pemasangan untuk atap miring dengan panjang dan lebar 6 x 6 meter maka, untuk perhitungannya adalah dengan menghitung panjang kali lebar atap, sehingga akan mendapatkan volume pekerjaan. Perhitungan tersebut juga perlu memperhatikan mengenai koefisien atap spandek untuk mengetahui satu meter persegi atap akan membutuhkan berapa banyak atap spandek dihitung dari ukuran atap spandeknya.

Menghitung Spandek Atap yang Diperlukan

Setelah menghitung mengenai volume bidang yang akan dipasang menggunakan atap spandek, maka langkah selanjutnya adalah menghitung berapa banyak kebutuhan atap spandek yang perlu untuk disiapkan untuk pelaksanaan proyek yang perlu dilakukan. Untuk menghitung jumlah dari spandek atap yang diperlukan dapat untuk menggunakan cara yang mudah yaitu luas bidang atap kali koefisien atap spandek. Rumus tersebut akan memberikan hasil yang akurat untuk bisa mendapatkan kebutuhan atap spandek yang perlu untuk dibeli, sehingga mendapatkan banyaknya atap spandek dalam jumlah yang tepat.

Rumus untuk menghitung jumlah kebutuhan adalah seperti di atas yang bisa tinggal memasukan perhitungan sebelumnya yang sudah dilakukan. Dalam perhitungan banyaknya atap yang perlu dibeli, sudah harus mendapatkan jumlah dari luas bidang atap dan juga per meter persegi atapnya akan membutuhkan berapa banyak atap spandek. Sehingga dengan angka-angka tersebut sudah didapatkan sebelumnya, maka bisa untuk mendapatkan jumlah kebutuhan material atap spandek yang tepat.

Rumus perhitungan yang satu ini diperlukan agar pembelian atap spandek yang dilakukan akan mendapatkan jumlah yang tepat. Perencanaan sangat penting untuk bisa menghemat biaya anggaran yang akan dikeluarkan, termasuk untuk membeli bahan material yang tepat. Penghematan pembelian material tersebut juga bisa didapatkan ketika mendapatkan jumlah bahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. 

Oleh karena itulah, bagi yang ingin mendapatkan hasil akurat dari banyaknya jumlah atap spandek yang dibutuhkan maka bisa untuk menghitung jumlah kebutuhan atap spandek dengan rumah luas bidang atap yang dikalikan dengan hasil dari koefisien atap spandek per meter persegi yang dibutuhkan. Rumus tersebut akan menghasilkan total kebutuhan material dari atap spandek yang hasilnya tetap dan juga akan bisa mengurangi jumlah limbah yang tersisa setelah pengerjaan proyeknya karena membeli dengan ukuran yang tepat.

Menghitung Total Biaya Pembelian Spandek Atap

Setelah mengetahui berapa banyak spandek atap yang dibutuhkan, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan menghitung total biaya yang dibutuhkan untuk pembelian atap spandek yang dibutuhkan. Pembelian tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara agar bisa mendapatkan harga atap spandek yang lebih murah dan bisa menghemat pengeluaran, yaitu sebagai berikut ini:

  • Agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu harga di berbagai tempat penjualan material bangunan. Anda bisa memilih pembelian di distributor sehingga membuat harga yang didapatkan menjadi lebih murah.
  • Anda juga bisa memilih untuk membeli spandek atap yang lebih murah dengan memilih jenis dan merek yang bisa menawarkan harga lebih murah. Jenis yang bisa dipilih dengan harga lebih murah contohnya adalah spandek transparan atau spandek pasir.
  • Cara terakhir juga bisa menjadi tempat yang menawarkan pilihan yang lengkap dan beragam, sehingga Anda bisa membandingkan harganya terlebih dahulu agar bisa mendapatkan atap spandek yang terbaik dengan harga yang lebih terjangkau.

Bagi Anda yang mencari tempat pembelian spandek atap yang terbaik dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi, bisa membelinya dengan mudah dari Kami di IDEALTATA. Kami menjual atap spandek yang terbuat dari bahan yang berkualitas dengan banyak pilihan merek, kualitas, jenis, dan juga bahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setelah melakukan perhitungan untuk membeli atap spandek yang dibutuhkan, lakukan pembelian dengan mudah di IDEALTATA sekarang juga yang bisa dilakukan secara online dengan menghubungi WA di nomor 081 380 998 119.

Text Us!
Text Us!
Idealtata Customer Service
Hallo Idealtata,
Saya Ingin Mendapat Info Lebih Lengkap!